Blog

Sertifikasi Kepemanduan Outbound : Babak Baru Keilmuan Experiential Learning di Indonesia

Yogyakarta – Tanggal 1 dan 2 desember 2015 diadakan uji kompetensi/sertifikasi penggiat Experiential Learning (baca : outbound) yang diselenggarakan oleh LSP Pramindo. Uji kompetensi yang didukung penuh oleh pemerintah - dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif -, diselenggarakan di 2 lokasi yaitu Wisma Grha Kinasih dan Kaligriya Kaliurang.

Outbound murah di jogja?

Jika menuliskan keyword “outbound murah di jogja” di search engine internet (google, yahoo, dll), maka akan muncul banyak website di internet yang mengandung tag atau judul tulisan tersebut. Kata "murah" itu sendiri, merupakan strategi marketing sebagai salah satu nilai jual untuk produk atau jasa bisa laku di pasaran. Entah kemudian itu murni sebagai strategi marketing si penyedia jasa Experiential Learning (baca : outbound) untuk menarik calon klien atau produk yang ditawarkan kepada klien memang "murah".

outbound vs experiential learning

Waktu pertama kali terjun di dunia persilatan (sekitar tahun 2009), eh perotbonan maksudnya, saya masih menganggap bahwa outbound itu merupakan singkatan dari out of boundaries atau out of bond yang identic dengan kegiatan pelatihan atau team building. Seiring perkembangan waktu, saya menemukan juga bahwa outbound memiliki arti kegiatan senang-senang yang membutuhkan waktu relative lebih singkat, contoh amazing race  atau fun games yang berlangsung sekitar 3-4 jam atau bahkan 1 jam.